Tuesday 1 March 2016

Kunci Cara Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Obat

Kunci cara diet sehat untuk menurunkan berat badan tanpa obat adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat.
Diet seimbang, dan rajin berolahraga adalah bagian penting dari menjaga kesehatan yang dapat membantu kita terhindar dari berbagai penyakit dan dapat membantu kita mengatasi berbagai masalah kesehatan dan berat badan.
Caranya adalah dengan mengurangi konsumsi roti putih, nasi, dan pasta. Sebaliknya, perbanyak makanan seperti buah dan sayuran, membiasakan diri mengkonsumsi makanan yang kaya protein seperti kacang-kacangan, ikan, telur, daging, dan berbagai produk susu.
Hindari mengkonsumsi terlalu banyak garam dan gula adalah tehnik diet sehat yang dianjurkan oleh para ahli.

Ketika kita berbicara mengenai cara diet sehat, keseimbangan adalah kuncinya. Itu artinya, kita tidak harus menghindari makanan tertentu, namun sebaliknya, kita juga tidak dianjurkan untuk makan secara berlebihan.
Agar berat badan cepat turun, kamu juga harus tahu beberapa daftar makanan yang sebaiknya dikurangi, dan beberapa daftar makanan yang sebaiknya dimasukkan ke dalam menu makanan sehari-hari. Berikut adalah beberapa diantaranya.
Makanan yang harus dikurangi agar berat badan tidak naik
  • Nasi putih
Nasi dianggap sebagai salah satu sumber karbohidrat (tenaga), tidak memiliki gizi sehingga sebaiknya jumlahnya dikurangi.
  • Roti putih
Roti putih juga merupakan sumber karbohidrat sederhana yang dianggap kurang baik bagi mereka yang sedang diet.
  • Makanan berlemak
Lemak terbagi menjadi dua yaitu, lemak trans atau disebut juga lemak jenuh adalah lemak tidak baik yang wajib dihindari.
Sedangkan lemak yang bersahabat dengan tubuh manusia adalah lemak baik (lemak tak jenuh). Lemak baik biasanya dijumpai pada beberapa makanan yang bersumber dari nabati seperti: kelapa, alpukat, dan beberapa buah-buahan lainnya.
  • Minuman bersoda
Minuman bersoda salah satu dari daftar minuman yang perlu kamu hindari jika ingin menurunkan berat badan.

Makanan untuk diet sehat 
  • Protein
Protein yang berasal dari hewan atau kacang-kacangan apabila tidak dikonsumsi secara berlebihan, dapat membantu menjaga kesehatan usus sehingga buang air besar menjadi lebih lancar. Selain itu, bakteri baik di dalam usus, dan usus itu sendiri akan menjadi lebih sehat.
Beberapa sumber protein diantaranya adalah: ikan, telur, kacang-kacangan, susu rendah lemak, daging ayam tanpa kulit dan daging sapi tanpa lemak, dll.
  • Buah-buahan dan sayuran
Mengurangi nasi dan menambah jumlah buah-buahan serta sayuran untuk dikonsumsi setiap hari bisa membantu menurunkan berat badan dan dianggap sebagai cara diet sehat yang dianjurkan.
  • Biji-bijian
Beras termasuk kedalam biji-bijian. Akan tetapi, nasi putih dianggap sebagai sumber karbohidrat sederhana yang justru dapat menyebabkan kenaikan berat badan apabila dikonsumsi terlalu banyak.
Sumber biji-bijian yang dapat menyokong diet sehat menurut para ahli diantaranya adalah: gandum, beras merah, dan biji bunga matahari.
  • Air putih
Air adalah salah satu media yang sangat baik untuk tubuh kita karena sebagian besar dari tubuh kita mengandung air.
Air dimanfaatkan untuk membawa nutrisi di dalam aliran darah untuk dibawa ke seluruh sel di tubuh kita. Selain itu, airnya juga digunakan untuk mengeluarkan racun serta kotoran.
Sehingga, apabila kamu ingin bisa buang air besar dengan lancar, ada baiknya kamu memperbanyak minum air putih setiap hari. Yang direkomendasikan, setidaknya kamu harus minum 2 liter atau 8 gelas air per hari.
  • Lemak sehat
Beberapa sumber lemak sehat diantaranya adalah buah alpukat, kelapa, dan sebagian kecil juga bisa ditemukan pada minyak tertentu seperti minyak zaitun.
Tubuh kita membutuhkan lemak untuk menyeimbangkan hormon dan untuk dijadikan sebagai cadangan tenaga serta berbagai manfaat lainnya.
Oleh sebab itu, cobalah untuk mengkonsumsi beberapa makanan yang menjadi sumber lemak baik seperti buah alpukat, minyak zaitun, kacang almond, kacang-kacangan, dan lain-lain. Namun ingat, jumlahnya sebaiknya tidak terlalu banyak.

Menjalani gaya hidup sehat

Menyeimbangkan makanan yang dikonsumsi sehari-hari adalah bagian dari gaya hidup sehat. Namun selain itu, ada beberapa gaya hidup sehat lainnya yang seharusnya diterapkan agar diet tidak hanya dilakukan dengan membatasi asupan makanan tertentu yang banyak mengandung karbohidrat atau lemak.
Beberapa gaya hidup sehat yang harus kamu jalani antara lain:
1. Menghindari rokok dan asap rokok
Rokok tentu membahayakan kesehatan. Menjadi perokok aktif atau sebaliknya, menjadi perokok pasif, kedua-duanya merugikan kesehatan. Jika kamu ingin menjalani diet sehat, ada baiknya kamu menghindari menjadi perokok aktif atau menjadi perokok pasif.
2. Memperbanyak bergerak
Membiasakan diri untuk banyak bergerak mulai dari pagi hari dengan berolahraga akan membuat sirkulasi darah di dalam tubuh lebih lancar sehingga berbagai makanan atau nutrisi serta oksigen akan bisa disampaikan ke seluruh sel-sel tubuh yang membutuhkannya. Dengan begitu, metabolisme di dalam tubuh kita akan meningkat.
Selain bisa memperlancar aliran darah sehingga otak bisa bekerja maksimal, bebas stres, dan sehat, rajin bergerak setiap hari, seperti dengan jalan kaki, berlari, atau melakukan aktivitas lainnya merupakan cara efektif membakar lemak atau kelebihan kalori di dalam tubuh.
3. Tidur lebih awal dan bangun lebih pagi
Gaya hidup sehat yang merupakan bagian dari diet sehat lainnya adalah membiasakan diri untuk tidur lebih awal pada malam hari, yaitu sekitar pukul 21.00 atau pukul 22.00 dan paling terlambat pukul 23.00.
Semakin cepat kamu tidur, maka akan semakin baik. Begitu juga sebaliknya, dengan bangun lebih pagi, akan berdampak sangat positif terhadap kesehatan karena kamu akan memiliki kesempatan melakukan banyak aktivitas mulai dari: berolahraga, sarapan, berjemur di bawah sinar matahari, dan lain-lain.
4. Menghindari stres
Banyak orang tidak menyadari bahwa stress atau tekanan yang mereka hadapi di dalam kehidupan, entah itu yang disebabkan oleh pekerjaan di kantor, faktor ekonomi, atau karena faktor hubungan yang sedang bermasalah, semua itu bisa menyebabkan kita makan secara berlebihan.
Agar berat badan bisa dijaga tetap dalam kondisi ideal, atau agar berat badan tidak bertambah, ada baiknya kamu menghindari stres dengan pandai-pandai melakukan aktivitas yang menjauhkan stres seperti: berolahraga, refreshing, atau dengan menyalurkan hobi.

No comments:

Post a Comment