Monday 24 December 2012

BERSAMA PUREIT LESTARIKAN SUMBER AIR MINUM

FUNGSI DAN PERAN AIR BAGI KEHIDUPAN MANUSIA 

Salah satu kebutuhan pokok sehari-hari makhluk hidup di dunia ini yang tidak dapat terpisahkan adalah Air. Tidak hanya penting bagi manusia air merupakan bagian yang penting bagi makhluk hidup baik hewan dan tubuhan. Tanpa air kemungkinan tidak ada kehidupan di dunia ini karena semua makhluk hidup sangat memerlukan air untuk bertahan hidup.

Manusia mungkin dapat hidup beberapa hari akan tetapi manusia tidak akan bertahan selama beberapa hari jika tidak minum karena  sudah mutlak bahwa sebagian besar zat pembentuk tubuh manusia itu terdiri dari 75% adalah air.
Jadi bukan hal yang baru jika kehidupan yang ada di dunia ini dapat terus berlangsung karen tersedianya Air yang cukup.

Dalam usaha mempertahankan kelangsungan hidupnya, manusia berupaya mengadakan air yang cukup bagi dirinya sendiri.
Berikut ini air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia dengan segala macam kegiatannya, antara lain digunakan untuk:
  • keperluan rumah tangga, misalnya untuk minum, masak, mandi, cuci dan pekerjaan lainnya,
  • keperluan umum, misalnya untuk kebersihan jalan dan pasar, pengangkutan air limbah, hiasan kota, tempat rekreasi dan lain-lainnya.
  • keperluan industri, misalnya untuk pabrik dan bangunan pembangkit tenaga listrik.
  • keperluan perdagangan, misalnya untuk hotel, restoran, dll.
  • keperluan pertanian dan peternakan
  • keperluan pelayaran dan lain sebagainya
Oleh karena itulah air sangat berfungsi dan berperan bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Penting bagi kita sebagai manusia untuk tetap selalu melestarikan dan menjaga agar air yang kita gunakan tetap terjaga kelestariannya dengan melakukan pengelolaan air yang baik seperti penghematan, tidak membuang sampah dan limbah yang dapat membuat pencemaran air sehingga dapat menggangu ekosistem yang ada.

PENTINGNYA AIR UNTUK KEHIDUPAN

Kita pasti sudah tidak asing mendengar fakta bahwa 75% dari tubuh manusia terdiri dari air dan 25% lainnya oleh zat padat. Kenyataannya seluruh organ tubuh kita diatur oleh air, karena tanpa air zat padat yang ada dalam tubuh tidak dapat berfungsi secara maksimal. Jumlah air yang beroperasi di seluruh organ tubuh begitu berlimpah. Di jaringan otot saja sudah terkandung 50-70% air dan jumlah ini hampir mencakup ½ dari keseluruhan air yang terdapat dalam tubuh kita. Sementara itu, darah yang mengalir dalam tubuh kita juga terdiri dari 80% air. Begitu juga dengan otak, terdapat sekitar 78 – 85% kandungan air di dalamnya, bahkan 20-33% komponen tulang terdiri dari air, lho! Jadi, sekitar 5/8 dari cairan tubuh terdapat di dalam sel dan sisanya, yaitu 3/8 lainnya berada di luar sel, lebih tepatnya di antara sel dan di dalam sirkulasi tubuh.

Fakta lain yang cukup mengejutkan: ternyata tubuh kita menghabiskan 40.000 gelas air per hari dan setelah melewati berbagai proses hanya 10 gelas air yang didaur ulang setiap harinya. 5 atau 6 gelas cairan tubuh hilang melalui urin, sekitar 2 gelas hilang melalui hembusan napas yang menghasilkan uap air, setengah gelas hilang saat melewati usus besar dan 2 gelas menguap melalui 2 juta keringat yang keluar setiap harinya. Itulah sebabnya 10 gelas air yang hilang setiap harinya harus segera digantikan.

Lalu bagaimana caranya kita mengganti semua cairan yang hilang itu? Kita sudah mendapatkan sekitar 3 gelas air dari makanan yang kita makan. Kita juga mendapat sekitar 1 ½ gelas air per hari dari hasil produksi energi metabolisme. Artinya kita masih membutuhkan sekitar 5 ½ sampai 8 gelas air setiap harinya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.  Selain itu, kandungan gula, garam atau protein yang berlebih saat diet membuat tubuh kita memerlukan air lebih banyak untuk mengolahnya. Belum lagi ketika Anda jatuh sakit, kebutuhan air dalam tubuh kita akan meningkat hingga 80%.

Dehidrasi juga berdampak pada sel tubuh. Apabila terjadi dehidrasi akut, sel tubuh dapat kehilangan sekitar 28% dari air yang dikandungnya dan itu berarti sel tubuh tidak dapat memiliki cairan yang cukup untuk mengeluarkan racun-racun pada tubuh.

Manusia dapat bertahan hidup beberapa minggu tanpa makanan, namun tanpa air manusia hanya dapat bertahan hidup beberapa hari. Air adalah nutrisi paling penting di antara nutrisi-nutrisi lainnya, karena seluruh organ tubuh kita bergerak dengan bantuan air.

Satu gelas air dapat menghentikan rasa lapar tiba-tiba yang terjadi saat tengah malam pada hampir 100% pelaku diet. Dan hanya dengan meminum 5 gelas air per hari , Anda bisa menurunkan resiko terkena kanker usus besar sebanyak 45%, kanker payudara hingga 97%, dan kanker kandung kemih sebanyak 50%.

Air memiliki banyak peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh, berikut adalah salah satu fungsi-fungsi terpentingnya:
  • Keseimbangan pH: Perubahan asam bisa timbul dari makanan atau minuman yang kita konsumsi, hal ini dapat menimbulkan penyakit atau hilangnya kemampuan tubuh dalam mencerna vitamin dan mineral. Maka dari itu tubuh manusia harus menjaga kesimbangan pH sekitar 7,35 – 7,45 dengan cara mengkonsumsi air. Karena kadar pH ini adalah kadar yang tepat bagi tubuh untuk menyerap oksigen ke dalam tubuh, sehingga energi pada tubuh juga lebih tinggi dan sistem imun jadi lebih baik dalam menghadapi penyakit. 
  • Suhu Tubuh: Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan, dan cairan inilah yang berperan dalam mengatur suhu tubuh manusia. Seperti yang terlihat saat berkeringat, yaitu tubuh melepaskan keringat saat panas untuk mengurangi panas berlebih dalam tubuh sehingga mengurangi suhu tubuh yang tinggi tersebut. Semua pengaturan suhu tubuh seperti ini dilakukan dan bergantung pada asupan air yang ada pada tubuh kita.
  • Metabolisme: Air berfungsi sebagai penghantar oksigen, nutrisi, hormon, serta zat lainnya ke berbagai bagian tubuh dan menjadi media dalam menghilangkan racun ringan, sel-sel mati, dan kotoran pada tubuh, dll. Selain itu, protein dan enzim yang diperlukan dalam beberapa proses penting dalam tubuh juga memerlukan air agar berfungsi dengan baik.
  • Pernafasan: Dalam pernafasan, air berfungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh sekaligus mengambil karbondioksida untuk dikumpulkan dan dikeluarkan dalam bentuk uap air.
  • Konstipasi, rasa panas pada perut,migrain, radang dan infeksi lambung: Penyakit-penyakit ini timbul berkaitan dengan kurangnya asupan air pada tubuh. Penyakit-penyakit ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi air secara cukup dan teratur.
  • Batu Ginjal: Menurut penelitian Lembaga Internasional Batu Ginjal , untuk mencegah munculnya batu ginjal diperlukan konsumsi air sebanyak 2 liter atau 10 gelas air setiap harinya. Hal ini dikarenakan air adalah bahan pelarut terbaik yang tidak akan membiarkan garam dan mineral lainnya berakumulasi dan membentuk batu ginjal. Kandungan garam pada ginjal ini akan diurai oleh air dan dikeluarkan melalui urin.
  • Penyakit Kardiovaskuler: Air dapat mencegah berkembangnya penyakit kardiovaskuler pada tubuh. Karena, air dapat menjaga kekentalan darah dan plasma, serta melancarkan distribusi fibrinogen dalam tubuh. Oleh karena itu, hidrasi yang cukup sangat disarankan, sehingga komponen vasukler dapat bekerja maksimal.
  • Nyeri Sendi:  Tulang sendi pada tubuh manusia sangat rentan terjadi gesekan dan kerusakan akibat iklim. Hal ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi air yang cukup. Karena konsumsi air yang tidak cukup dapat menjadi pemicu timbulnya nyeri sendi pada tubuh Anda.
  • Sakit Punggung: Bagian belakang tubuh manusia tergantung pada urat syaraf tulang belakang. Sedangkan tulang belakang ini sebagian besar terdiri air, maka dari itu tidak mengherankan jika konsumsi air yang tidak cukup dapat memicu sakit punggung.
  • Osteoporosis: Menurut penelitian yang diadakan oleh Lembaga Pauling Linus, konsumsi air yang cukup dapat mengurangi resiko tubuh terkena osteoporosis dan patah tulang.
  • Perempuan Hamil & Menyusui: Kondisi janin pada ibu hamil sangat bergantung pada sang ibu. Untuk itu diperlukan asupan cairan yang cukup agar darah dapat bekerja maksimal dan mengantarkan semua nutrisi yang diperlukan dari ibu ke janinnya. Selain itu masalah konstipasi, infeksi kandung kemih, dan anus yang biasa terjadi pada kebanyakan ibu hamil, dapat dihindari dengan mengkonsumsi air lebih banyak.
  • Fungsi Ginjal: Kotoran tubuh yang berbentuk urea sangat beracun bagi jaringan tubuh dan harus dicairkan sebelum dikeluarkan dari dalam tubuh. Untuk itu dibutuhkan air sebagai “pelarut universal”.
  • Kesehatan Kulit: Air berfungsi mengatur dan meregulasi kesimbangan alami kulit. Air yang baik bagi kulit adalah air hangat, karena air hangat memiliki kemampuan untuk menghidrasi, meremajakan, mendetoksifikasi, memberi oksigen pada kulit, menghilangkan komedo dan memperkecil pori-pori. Selain itu, mengkonsumsi air juga dapat membuat tubuh lebih rileks dan segar, serta dapat menggantikan kelembapan kulit yang hilang karena aktivitas sehari-hari. 
Begitu banyak manfaat air yang dirasakan oleh tubuh kita. Maka dari itu, sangat penting agar kita mengkonsumsi air dengan cukup setiap harinya. Ayo mulailah konsumsi air dengan cukup setiap hari dan rasakan manfaat air bagi kesehatan tubuh Anda.


SEBUAH SOLUSI

Beberapa waktu lalu (bulan oktober) kita mungkin mengalami sedikit kesulitan membeli air galon bermerek kalaupun ada langsung habis di serbu pembeli itupun dengan harga melambung tinggi dari harga biasanya (sampai Rp. 14000 per gallon L). Alasan agen sih dikarenakan belum dikirim dari distributornya. hal ini dimungkinkan karena musim kemarau yang berkepanjangan dan menyebabkan pasokan menurun ke sejumlah titik distributor.
 
Mau tidak mau harus merogoh kocek lebih dalam untuk memenuhi kebutuhan air minum. Selang beberapa waktu kami berbelanja rutin bulanan di sebuah supermarket, di situ kami menemukan sebuah alat  water purifier (penjernih air) sehingga air hasil penjernihan bisa langsung diminum, unik banget ini alat. Tapi jadi ragu apa ya airnya sehat untuk dikonsumsi, rasanya gimana ya?. Dengan sigap dan ramahnya penjaga stan (SPG) menghampiri kami, dan menjelaskan tentang produk (pureit) sehingga terjadi perbincangan santai di antara kami.

Me,
Mbak ini alat apa sih? Keuntungannya klo memakai ini apa?
SPG pureit,
Pureit filter pemurni air minum canggih untuk rumah tangga. Pureit layak dipilih sebagai salah satu alternatif untuk menghasilkan air minum tanpa menggunakan gas dan listrik. Selain praktis dan higienis, Pureit juga ekonomis.Dan perlu diingat, Air yang dimasukkan ke dalam Pureit adalah air yang biasa Anda rebus untuk diminum.

Jadi ringkasnya, berikut adalah keuntungan pureit
 
Me,
Trus proses kerjanya gimana mbak?
SPG pureit,
Pureit bekerja dengan teknologi canggih 4-tahap pemurnian air “Teknologi Germkill” untuk menghasilkan air yang benar-benar aman terlindungi sepenuhnya dari bakteri dan virus.
Air yang dimasukkan akan melalui pemurnian air yang dibagi ke dalam 4 tahap:

  • 1. Tahap pertama - Saringan Serat Mikro: menghilangkan semua kotoran yang terlihat
  • 2. Tahap kedua – Filter Karbo Aktif: Menghilangkan parasit & pestisida berbahaya
  • 3. Tahap ketiga – Prosesor Pembunuh Kuman: Dengan 'programmed disinfection technology' menghilangkan bakteri dan virus berbahaya yang tidak terlihat.
  • 4. Tahap keempat – Penjernih: Membuat air jernih, tidak berbau dengan rasa yang alami.
Komponen 2-3-4, dalam satu rangkaian disebut Germkill Kit, yang harus diganti setelah memurnikan 1500 liter air.


  
Pureit juga memiliki jaminan perlindungan:

Perlindungan 1 – Pureit Germkill Life Indicator
Pureit memiliki Indikator unik, yang akan memberitahukan Anda beberapa hari sebelumnya kapan perlu mengganti 'Germkill Kit’

Perlindungan 2 – Mekanisme Penghentian Otomatis
Jika ‘Germkill Kit’ tidak diganti pada waktunya, Pureit secara otomatis akan menghentikan aliran air sampai penggantian dilakukan. Mekanisme Penghentian Otomatis Pureit akan menghentikan air sehingga air akan meluap dari Germkill Life Indicator. Hal ini akan menjamin anggota keluarga Anda akan selalu meminum air yang aman.



Tentang Germkill Kit
Pureit bekerja dengan Germkill Kit (Perangkat Pembunuh Kuman) yang tahan lama dan dapat diganti.


Komponen 2,3,4 harus diganti secara bersamaan setelah memurnikan sekitar 1500 liter* air. Atau setara dengan ~80 galon, dalam pemakaian normal tahan sekitar 6 -8 bulan**.


Ketiga komponen ini tersedia dalam sebuah kemasan 'Germkill Kit'.


 
  
Me,
Oo begitu cara kerjanya? Nanya lagi mbak, klo soal harga & biaya yang harus dikeluarkan sebulan gimana? Dibanding merebus air atau beli air galon?
SPG pureit,
Harga Pureit Rp. 550.000 udah termasuk Germkill Kit, ada 2 pilihan warna lho, biru dan merah marun.
Oya untuk perbandingannya ini ada contoh comparenya, silahkan di lihat aja brosurnya. Misalkan aja klo pakai air galon bermerek kita bisa hemat sekitar Rp. 842.400 setahun dengan estimasi harga galon bermerek Rp. 10.000 per 19 liter dan menghabiskan 8 galon sebulan dibanding dengan mengunakan pureit cukup hanya mengganti Germkill Kit Rp. 150.000 untuk 1500 liter.Untuk perbandingan pureit dibandingkan memasak air atau memakai air isi ulang, bisa dilihat brosurnya...


Me,
Ehm dipikir pikir hemat juga ya,padahal klo ditempat saya harga galon Rp. 13.000.Coba aku hitung,
Lumayan juga tuh bisa hemat Rp. 1.065.216 per tahun.Dan kurang lebih dalam 6 bulan  telah menutup biaya awal pembelian unit Pureit


Karena belanja sudah selesai dan waktu sudah menjelang malam saya pun menyudahi obrolan dengan mbak – mbak SPG pureit, pikir – pikir dulu sebelum membeli produk Pureit.

HAL MENARIK

Setelah sampai rumah, masih penasaran dengan pureit saya pun buka situs resmi pureit di www.pureitwater.com/ID/ . Ternyata setelah saya baca, saya menemukan beberapa hal menarik dari produk ini  diantaranya:


1.   Sertifikasi
Pureit ternyata telah memenuhi kreteria ketat internasional dari Environmental Protection Agency (EPA), Amerika Serikat, untuk menghilangkan bakteri dan virus berbahaya. Lebih dari itu, kinerja Pureit juga telah diuji oleh lembaga ilmu pengetahuan dan institusi kesehatan terkemuka di Asia, Eropa dan Amerika Serikat.
Berikut ini sertifikasi yag didapat pureit dari indonesia maupun global, diantaranya;
  • Environmental Proctection Agency, Amerika Serikat
  • Scottish Parasite Diagnostic Laboratory,Glasgow
  • London School Of Hygiene And Tropical Medicine (University Of London)
  • SRL Ranbaxy, Clinical Reference Laboratory
  • National Environmental Engineering Institute, Mumbay
  • Apollo Hospital Chennai
  • Central Food Technological Research Institute, India
  • Indian Public Health Association
  • Institution Of Public Health Engineers, India
  • King Institute Preventive Medicine, Guindy, Cheenay
  • National Institute Of Cholera And  Enteric Diseases,India
  • Sundaram Medical Foundation
  • Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu Universitas Gajah Mada
  • Laboratorium Kualitas Air Fakultas teknik Sipil dan Lingkungan ITB
2.   Unilever
Pureit merupakan produk dari Unilever, Unilever adalah produsen merek-merek yang sudah sangat dikenal masyarakat, antara lain Pepsodent, Lifebuoy, Lux, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Rinso, Molto, Pond's, Citra, Blue Band, Sariwangi, Royco, Bango, Wall's dan masih banyak lagi.    PT. Unilever Indonesia Tbk yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 1933, telah tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia selama lebih dari 75 tahun.

3.   Mudah pemasangannya
Berikut panduan penggunaan dan pemasangan Pureit
Klik untuk download Panduan PemasanganPureit





















Berikut panduan penggantian Germkill Kit;
Klik untuk download Panduan Pemasangan Germkill Kit.















 

  


4.   Pesanan Online
Ternyata untuk pembelian Pureit selain tersedia di counter – conter di supermarket.Kita juga dimudahkan dengan pemesanan online.Cukup pilih produk yang kita beli, ikuti langkah – langkahnya dan selesai. Tinggal tunggu deh barangnya sampai ke rumah.













5.   Yang boleh dan tidak boleh dilakukan
Pureit didisain secara khusus untuk memberikan kepada Anda air ”yang aman dari kuman yang berbahaya”, selama Pureit digunakan dengan baik sesuai dengan yang dijelaskan di dalam panduan panggunaan.Untuk memaksimalkan kinerja pureit tidak ada salahnya kita perlu tahu point – point yang harus diperhatikan, berikut diantaranya;

Yang Boleh dilakukan
  • Jaminan Pureit untuk mendapatkan air yang bebas dari kuman berbahaya hanya berlaku apabila Anda memastikan Wadah Transparan dan keran Pureit berada pada tempat yang bersih dan higienis, dan tidak terkontaminasi melalui kontak tangan, lap pengering, pencucian dan lain-lain. Apabila Anda hendak menyimpan air Pureit di dalam botol/wadah, harap pastikan juga bahwa botol/wadah tersebut bersih dan bebas kuman.
  • Anda sebaiknya hanya menyimpan air di dalam Pureit dan tidak memindahkannya ke wadah lain untuk mencegah air Pureit terkontaminasi kuman.
  • Saat membersihkan Wadah Transparan, pastikan Anda memisahkan Wadah Transparan tersebut dari Penjernih maupun Wadah Pembersih Penampung sehingga tidak ada air yang masuk ke dalam Penjernih.
  • etc
Yang tidak Boleh dilakukan
  • Selalu pastikan proses pembersihan Pureit sesuai dengan apa yang dijelaskan di bagian cara membersihkan. Jangan pernah gunakan sabun atau detergen. Pastikan Anda tidak mengkontaminasikan kuman ke dalam Wadah Transparan atau keran air, misalnya melalui tangan Anda atau dengan menggunakan lap pengering. Selalu gunakan air dari Pureit untuk bilasan terakhir Wadah Transparan dan biarkan hingga kering secara alami.
  • Jangan bersihkan Wadah Pembersih Penampung apabila tidak diperlukan.
  • Jangan tuangkan air panas atau air mendidih ke dalam atau ke atas Pureit. Dan jangan juga menuangkan air dingin dengan suhu di bawah 10°C ke dalam atau ke atas Pureit.
  • Jangan tuangkan air panas secara langsung melalui keran atau sumber lainnya ke dalam Pureit Anda, karena air panas akan menghabiskan Germkill Kit sebelum waktunya. Apabila diperlukan, tunggu sampai suhu air menjadi suhu ruangan sebelum dituangkan ke dalam Wadah Bagian Atas. Untuk alasan yang sama, jangan letakkan Pureit Anda di tempat yang bersuhu terlalu panas seperti di samping kulkas, atau kompor atau terkena sinar matahari langsung.
  • etc
Klik di sini untuk melihat detail yang boleh dan tidak boleh dilakukan. 
KESIMPULAN

Dengan sejumlah fitur dan kelebihan dari Pureit, tampaknya kita tidak perlu ragu – ragu lagi untuk memasukkan Pureit sebagai salah satu piranti wajib dalam keluarga kita.

Mengurangi konsumsi air AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) secara tidak langsung kita memiliki andil dalam kelestarian lingkungan terutama kelestarian air. Bayangkan saja bila ada permintaan pasar yang besar terhadap air minum dalam kemasan alhasil akan terjadi eksploitasi besar – besaran perusahaan AMDK untuk memenuhi permintaan pasar. Bukan tidak mungkin ekploitasi tersebut akan berdampak pada keringnya sumber mata air yang menjadi bahan baku air minum dalam kemasan.

Jadi, gak ada salahnya kan ikut melestarikan sumber air. Mulai dari hal yang sederhana dulu deh, mengurangi menkonsumsi air minum dalam kemasan baik saat di rumah atau saat bepergian dengan membawa bekal air minum sendiri, kan udah ada pureit semuanya jadi gampang deh...

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes Blog Kelestarian Sumber Air Minum yang diadakan oleh Blogdetik dan Unilever Pureit.
Referensi:
http://www.pureitwater.com/ID/
http://www.artikellingkunganhidup.com/fungsi-dan-peran-air-bagi-kehidupan-manusia.html
http://www.aqua.com/



2 comments:

  1. Thanks infonya, menarik artikelnya, emang air galon sekarang tambah mahal kyaknya harus ganti ma pureit ni...

    ReplyDelete
  2. Mr. Nice Guy, Sip... Emang sekarang ini air galon tambah mahal apalagi di musim kemarau kemarin,makanya buruan pakai pureit..

    ReplyDelete