Friday 15 October 2010

Dahsyatnya Ubi Jalar Merah

Ubi merah sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, tetapi masih banyak masyarakat yang menganggap remeh ubi merah ini. Walaupun harganya yang murah,ubi jalar merah memberikan banyak manfaat. Di Jepang, harga tepung ubi jalar dihargai empat kali lipat harga tepung terigu dan di Singapura harga tepung terigu 25% lebih mahal dari harga tepung. Penelitian mengenai ubi jalar pun semakin sering, karena mempunyai kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Dari berbagai penelitian, ubi merah memberikan keunggulan diantaranya mengurangi resiko jantung dan kanker, mengontrol kenaikan kadar gula darah bagi penderita diabetes, serta menjaga daya ingat (antipikun).
Tak layak disepelekan, ubi jalar merah mengandung antioksidan yang komplet (trio antioksidan), yaitu betakaroten, vitamin C, dan vitamin E. Dalam 100 gram ubi merah mengandung 14 mg betakaroten, 28 mg vitamin C dan 6 IU vitamin E. Semakin pekat warnanya, semakin banyak kandungan antiokidannya.
Jantung dan stroke : kombinasi yang unik antara vitamin A (betakaroten) dan vitamin E dalam ubi jalar merah bekerja sama menghalau stroke dan serangan jantung.
Betakarotennya mencegah stroke, sementara vitamin E ubi jalar merah mencegah terjadinya penyumbatan dalam saluran pembuluh darah, sehingga munculnya serangan jantung dapat dicegah. Manfaat tersebut didukung pula oleh kandungan serat dalam ubi jalar merah. Sebagian besar serat ubi jalar merah merupakan serat larut, yang bekerja serupa busa spon. Serat menyerap kelebihan lemak/ kolesterol darah, sehingga kadar lemak/ kolesterol dalam darah tetap aman terkendali. Selain itu vitamin B6 nya berfungsi menurunkan kadar homocystein yang dikaitkan dengan meningkatnya resiko serangan jantung dan stroke.
Hal ini dibuktikan oleh dr, Morris ang melibatkan 1900 responden. Hasilnya, dalam darah mereka bukan saja hanya mengandung karotenoid dan betakaroten tetapi juga lutein dan zeaxanthin.Bisa dipastikan mereka memiliki resiko lebih rendah terserang penyakit jantung sekitar 72 persen.
Agaknya hampir semua zat gizi yang terkandung dalam ubi jalar merah mendukung kemampuannya memerangi serangan jantung koroner. Kesimpulan dari sebuah hasil penelitian lain menyebutkan kalium dalam ubi merah memangkas 40% resiko penderita hipertensi terserang stroke fatal. Sementara tekanan darah yang berlebihan pun merosot 25%.
Diabetes : Ubi jalar merah kaya kandungan serat, karbohidrat kompleks, dan rendah kalori sehingga mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu kandungan karotennya yang mampu menstabilkan darah. Oleh sebab itu ubi merah baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.
Anti pikun : Kelebihan lain dari ubi jalar merah adalah kandungan vitamin B yaitu B6 dan asam folat. Kedua vitamin ini sangat dibutuhkan unuk mengoptimalkan kerja otak sehingga daya ingat dapat dipertahankan. Manfaat lain ubi jalar merah mengendalikan produksi hormon melatonin yang menghasilkan kelenjar pineal di dalam otak. Melatonin merupakan antioksidan andal yang menjaga kesehatan sel dan sistem saraf otak, sekaligus mereparasinya jika ada kerusakan. Kurang asupan vitamin A menghambat produksi melatonin dan menurunkan fungsi saraf otak sehingga muncul gangguan tidur dan berkurangnya daya ingat.
Keterbatasan produksi melatonin berbuntut menurunkan produksi hormon endokrin, sehingga sistem kekebalan tubuh merosot. Kondisi ini memudahkan terjadinya infeksi dan mempercepat laju proses penuaan. Ubi jalar merah yang berlimpah vitamin A & E dapat mengoptimumkan produksi hormon melatonin. Dengan rajin makan ubi jalar merah, ketajaman daya ingat dan kesegaran kulit serta organ tetap terjaga.
Obat mata : Khasiat Betakaroten Si Provitamin A Khasiat ubi jalar merah sebagai "obat mata" telah terbukti di Kabupaten Jayawijaya. Awalnya 0.5% penduduknya menderita bercak bitot (xeroftalmia) , bercak putih kapur pada kornea mata. Penyakit kekurangan vitamin A ini dapat menyebabkan kebutaan. Setelah kebiasaan mereka menyantap ubi jalar merah berikut daunnya tak ada lagi penderita.
Pencernaan: Selain rasanya yang enak, kandungan serat dalam ubi jalar juga lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kentang pada umumnya. Kalau kedua faktor ini disatukan dengan mineral-mineral lainnya seperti magnesium yang dikandung ubi jalar, maka makanan satu ini merupakan pilihan yang tepat untuk membantu pencernaan. Selain itu, ubi jalar juga mudah untuk dicerna serta baik untuk lambung dan usus halus.
Serat alami oligosakarida yang tersimpan dalam ubi jalar merah ini sekarang menjadi komoditas bernilai dalam pemerkayaan produk pangan olahan seperti susu.
Selain mencegah sembelit, oligosakarida memudahkan buang angin. Hanya pada orang yang sangat sensitif oligosakarida mengakibatkan kembung.
Keseimbangan air: Serat dalam ubi jalar akan membantu menahan air. Hal ini akan mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh.
Radang lambung: Ubi jalar menimbulkan efek nyaman di lambung dan usus halus. Vitamin B kompleks dan vitamin C, beta karoten, kalium dan kalsium sangat efektif meredakan radang lambung. Selain itu, serat yang dikandung ubi jalar bisa mencegah terjadinya konstipasi dan penimbunan asam, karena itu akan menurunkan kemungkinan terjadinya radang lambung. Anti peradangan dan kandungan yang menenangkan dari ubi jalar juga bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan lambung.
Penambahan berat badan: Hal ini sangat mudah dipahami. Ubi jalar berasa manis serta mengandung karbohidrat kompleks disertai vitamin dan mineral yang mudah dicerna. Karena itu, ubi jalar merupakan sumber energi dan efektif untuk membangun otot-otot. Bagi Anda yang tidak percaya diri karena tulang-tulang menonjol ke permukaan kulit, cobalah mengkonsumsi makanan super ini. Cara ini tidak menghasilkan efek samping apapun sehingga lebih aman daripada mengkonsumsi suplemen pembangun otot.
Asma, osteoarthritis, dan radang sendi : Sifat anti radang karoten dan vitamin C bermanfaat mengurangi peradangan pada asma, osteoarthritis, dan radang sendi.
Kekebalan tubuh : Selain vitamin A, C, dan E; ubi jalar merah juga berlimpah vitamin B6 (piridoksin) yang berperan penting dalam menyokong kekebalan tubuh. Di luar perkiraan banyak orang, ubi jalar merah dengan kandungan vitamin B6-nya mampu mengendalikan jerawat musiman yang muncul menjelang menstruasi.
Keuntungan lain: ubi jalar juga efektif menghentikan ketergantungan pada rokok, minuman serta narkotika tertentu.
Secangkir ubi jalar merah kukus yang telah dilumatkan menyimpan 50000 SI betakaroten, setara dengan kandungan betakaroten dalam 23 cangkir brokoli, yang menggembirakan perebusan hanya merusak 10% kadar betakaroten, sedangkan penggorengan atau pemanggangan dalam oven hanya 20%. Namun penjemuran menghilangkan hampir separuh kandungan betakaroten, sekitar 40%. Menyantap seporsi ubi jalar merah kukus /rebus sudah memenuhi anjuran
kecukupan vitamin A 2100 - 3600 mkg sehari.
Makan 1 buah sedang ubi jalar merah mentah sudah memenuhi 42% anjuran kecukupan vitamin C sehari. Dibanding dengan havermut (oatmeal), ubi jalar merah lebih kaya serat, khususnya oligosakarida. Menyantap ubi jalar merah 2-3 kali seminggu membantu kecukupan serat. Apabila dimakan bersama kulitnya menyumbang serat lebih banyak lagi.
Hal yang harus diwaspadai, ubi jalar mengandung oksalat yang menghambat penyerapan kalsium. Olehkarena itu memakan ubi jalar sebaiknya dilakukan 3 jam sesudah dan sebelum makan suplemen kalsium.
Tak layak disepelekan Ubi jalar merah merupakan umbi-umbian yang mengandung senyawa antioksidan paling komplet. Jika demikian kenyataannya, kini jangan pernah lagi menganggap remeh ubi jalar merah. Nikmati kapan saja kita suka, sambil memupuk manfaatnya.
TIP DAPUR :
• Simpan ubi dalam ruangan yang kering dan terang. Jika disimpan dalam ruangan yang lembap, ubi lebih cepat bertunas.
• Setelah dikupas dan dipotong-potong, rendam ubi dalam air agar tidak cepat berubah warna, menjadi kecokelatan.
TIP SEHAT:
• Ubi merah aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes karena kandungan karbohidrat kompleks dan seratnya tinggi. Mengonsumsi ubi merah dapat membantu menurunkan kadar gula darah, dan mengontrol berat badan.
• Untuk memperoleh manfaat yang maksimal, sebaiknya ubi merah dimasak dengan minyak sehat, misalnya minyak zaitun, agar lebih mudah diserap tubuh.

No comments:

Post a Comment